Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

Pasar Uang

Pasar uang adalah suatu tempat pertemuan abstrak dimana para pemilil dana jangka pendek dapat menawarkan kepada calon pemakai yang membutuhkannya, baik secara langsung maupun melalui perantara.

Sedangkan yang dimaksud dana jangka pendek adalah dana-dana yang dihimpun dari perusahaan maupun perorangan dengan batasan waktu dari satu hari sampai satu tahun, yang dapat diperjual belikan di pasar uang.

Pasar uang pada prinsipnya merupakan saran alternative bagi lembga-lembaga keuangan, perusahaan-perusahaan non keuangan dan peserta-peserta lainnya baik dalam memenuhi kebutuhan jangka pendeknya maupun dalam rangka melakukan pendapatan dana.

TUJUAN PASAR UANG

Seperti halnya pasar modal, dalam pasar uang terdapat 2 pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Masing-masing pihak salaing berkepentingan satu sama lainnya dan mempunyai tujuan masing-masing pula.

  1. Pihak yang membutuhkan dana, Dalam hal ini baik pihak bank maupun perusahaan non bank yang kebetulan membutuhkan dana yang segera harus di penuhi untuk kepentingan pihak bank maupun perusahaan non bank dan juga kepentingan tertentu
  2. Pihak yang menanamkan dana, Yaitu pihak yang menyediakan dana atau pihak yang menjual dana baik bank maupun perusahaan non bank dengan tujuan untuk investasi di pasar uang.

Bagi pihak yang memerlukan dana dan juga mencari dana tersebut di pasar uang terdapat beberapa tujuan. Tujuan ini tergantung dari kepentingan dan juga kebutuhan pencari dana, [aling tidak ada 4 tujuan dalam menghimpun dana dari pasar uang, yaitu:

-          Untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek

-          Untuk memenuhi kebutuhan likuiditas

-          Untuk memenuhi kebutuhan modal kerja

-          Untuk membayar kliring yang harus segera di bayar

Tujuan bagi pihak yang dimaksud menanamkan dana di pasar modal adalah sebagai berikut:

-          Untuk memperoleh penghasilan dengan tingkat suku bunga tertentu

-          Bermaksud untuk membantu pihak yang benar-benar mengalami kesulitan keuangan

Spekulasi, dengan harapan akan memperoleh keuntungan besar dalam waktu yang relative singkat dalam kondisi ekonomi tertentu.

INSTRUMEN PASAR UANG

Pemilihan dana oleh investor di dalam pasar uang tentu sengan berbagai pertimbangan. Investor dapat memilih salah satu dari sekian banyak surat berharga yang ditawarkan sesuai dengan tujuan masing-masing. Surat-surat berharga yang ditawarkan di pasar uang kita sebut dengan instrument pasar.

Adapun jenis-jenis instrument pasar uang yang ditawrakan antara lain, sebagai berikut:

  • INTERBANK CALL MONEY

Merupakan pinjaman antar bank yang terjadi dalam proses kliring. Call money adalah kredit atau pinjaman yang harus di lunasi atau di bayar apabila sudah ada tagihan atau panggilan dari kreditor.

  • SERTIFIKAT BANK INDONESIA (SBI)

Instrument utang yang di terbitkan oleh pemerintah atau bank sentral dengan jumlah tertentu yang akan dibayarkan kepada pemegang pada tanggal yang telah ditetapkan. Instrument ini berjangka waktu jatuh tempo satu tahun atau kurang.

  • SERTIFIKAT DEPOSITO

Instrument yang dikeluarkan/diterbitkan oleh suatu bank atas unjuk dan dinyatakan dalam suatu jumlah, jangka waktu dan tingkat bunga tertentu. Sertifikat deposito adalah deposito berjangka yang bukti simpanannya dapat di perdagangkan.

  • SURAT BERHARGA PASAR UANG (SBPU)

Surat-surat berharga berjangka pendek yang dapat diperjual belikan secara diskonto dengan Bank Indonesia atau lembaga diskonto yang ditunjuk oleh BI

  • COMMERCIAL PAPER

Promes yang tidak disertai dengan jaminan yang diterbitkan oleh perusahaan untuk memperoleh dana jangka pendek dan dijual pada investor dalam pasar uang.

  • REPURCHASE AGREEMENT

Merupakan bentuk surat berharga yang juga dapat diperjualbelikan dengan suatu perjanjian tertulis bahwa si penjual akan membeli kembali surat-surat berharga tertentu.

  • BANKER’s ACCEPTENCE

Suatu instrument pasar uang yang digunakan untuk memberikan kredit pada eksportir atau importer untuk membayar sejumlah barang atau untuk memeli valuta asing.

SUMBER:

http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_uang

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/pasar-uang-definisi-instrumen-dan.html

http://dewiayupitaloka.wordpress.com/2011/03/04/pasar-uang-dan-pasar-valuta-asing/

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: