Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

SIKAP PEBISNIS

Untuk menjadi seorang pebisnis yang dikatakan sukses bukanlah hal yang bisa dibilang mudah/gampang. Bukan hanya bermodalkan uang saja, tapi juga harus mempunyai mental dan fisik yang kuat. Ya, mental yang kuat adalah salah satu yang harus diperhatikan oleh para pebisnis apalagi bagi para pemula. Karena kita didunia ini tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di kemudian hari nanti.

Dalam berbisnis kita akan menemukan dua hal yaitu, berhasil dan sukses dalam berbisnis ataupun gagal dalam berbisnis. Disinilah mental para pebisnis dibutuhkan, apabila kita gagal dalam berbisnis janganlah anda menyerah untuk memulainya lagi dari awal. Janganlah anda berputus asa, karena suatu kegagalan yang datang akan menjadi kesuksesan dikemudian hari. Kesabaran dan keuletan kita yang sangat diperlukan untuk kemajuan suatu bisnis yang anda jalankan. Selain itu pengalaman merupakan salah satu pintu masuk untuk memulai bisnis. Anda juga harus memiliki ide atau konsep yang lebih banyak ketimbang orang lain. Kalian bisa memperoleh kemampuan dasar bukan hanya dari pekerjaan yang relevan atau pengaman bernbisnis saja, tapi juga bisa didapatkan dengan bertanya, membaca, mendengar, ataupun melakukan peneliatian.

Berikut ini adalah sikap yang penting untuk menentukan seseorang bisa berhasil dalam persaingan bisnis:

1. Mandiri

Mereka ingin mengendalikan masa depan mereka sendiri, sehingga mereka memutuskan untuk menjadi bos bagi diri sendiri, bukannya menjadi budak bagi orang lain.

2. Gigih dan Bertekad Bulat

Kegigihan dan kebulatan tekad mereka diperkuat oleh suatu bahan bakar yang bernama keinginan membara untuk mencapai tujuan keberhasilan dalam bidang bisnis mereka masing-masing.

3. Percaya Diri

Mereka percaya akan kemampuan mereka sendiri, dan mereka memastikan bahwa mereka berusaha sebaik mungkin dan sekaligus mengharapkan hasil terbaik dari usaha mereka.

4. Kreatif

Seseorang tidak bisa terus bersikap puas dan tidak kreatif , kecuali ia ingin tertinggal oleh kompetitonya yang lain. Karena itu, ia harus memunculkan ide-ide baru untuk memajukan usahanya.  Orang-orang yang kreatif selalu berfikir flexibel dan mereka mampu mengamati lingkungan dan menciptakan peluang usaha.

5. Terorganisasi dan Goal-oriented / berorientasi pada tujuan

Entrepreneur atau pengusaha yang baik akan merencanakan langkah-langkahnya , sehingga ia bisa menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang lebih singkat.

6. Visioner

Dalam setiap usahanya, ia dibimbing oleh visinya. Visinya bisa berupa visi jangka pendek, menengah, atau panjang, yang semuanya berfungsi untuk mengembangkan bisnis mereka

7. Berani mengambil risiko dan mentoleransi kegagalan

Pengusaha yang baik tahu bahwa kegagalan itu biasa dalam berbisnis. Mereka tidak menyerah dan selalu mengambil pelajaran dari kegagalan yang mereka temui, kemudian mereka selalu melanjutkan perjalanan mereka.

8. Bekerja keras

Tak akan ada keberhasilan tanpa kerja keras.

9. Tahu dan peduli masalah keuangan

Pengusaha yang sukses tahu akan nilai / value dari uang, dan mereka bersikap hati-hati tentang keuangan. Biasanya, pengusaha yang sukses telah belajar tentang nilai uang dan bagaimana mengatur keuangan sejak dini.

10. Komitmen

Seorang pengusaha tak akan bisa sukses jika ia sudah menyerah ketika melihat satu tanda-tanda masalah.

11. Jujur

Tanda seorang pengusaha sukses terwujud dari cara kerjanya yang jujur, yang nantinya akan menuntun pada reputasi yang bagus serta hubungan yang baik dengan rekan bisnis maupun pelanggan.

sumber : http://www.justelsa.com/2009/05/11-sikap-dan-kebiasaan-entrepreneur.html

Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: