Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

Strategi Pembangunan Ekonomi Idnonesia

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara yang memiliki banyak pulau. Dari pulau yang besar sampai pulau-pulau yang kecil, pulau yang besar tediri dari pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua. Perairan dan wilayah darat NKRI sangat berpotensi untuk perekonomian indonesia, untuk kelautannya Indonesia memiliki ± 18.110 pulau dengan garis pantai sepanjang 108.000 km. Sedangkan di darat memiliki lahan 113 juta ha, lahan sawah produktif 9,9 juta ha, lahan perkebunan produktif  15,5 juta ha , 60 cekungan prospektif  sumber mineral dan migas.

Sumber daya alam di Indonesia sesungguhnya sangat berlimpah ruah hanya saja kurang dipergunnakan dengan bijak dan sebaik-baiknya, begitupun untuk sumber daya manusianya. Apabila pemerintah Indonesia dan warga Indonesia bisa memanfaatkan sumber daya yang ada dengan baik kemungkinan besar indonesia bisa menjadi negara maju, karena iIndonesia mempunyai kekayaan alam yang sangat berlimpah. Tetapi bukan berarti sumber daya itu harus diambil terus-menerus tanpa ada upaya untuk melestarikannya. Kemajuan kota-kota besar di Indonesia juga sangat pesat dengan didirikannya gedung-gedung besar, mal, perumahan, dan tempat hiburan lainnya. tetapi tidak di barengi dengan pelestarian alam sekitarnya. Misalkan pohon-pohon yang ada di kota-kota besar itu sudah jarang  terlihat dan panti yang terdapat di pinggiran kota besar pun sekarang sudah tidak layak lagi dan sudah mengakibatkan banjir dimana-mana, itu merupakan suatu kendala untuk perkembangan ekonomi. Wilayah di Indonesiapun juga masih terdapat wilayah yang tertinggal, dengan artian wilayah tersebut belum tersentuh dengan hal-hal yang modern layaknya di kota, itu membuat sumber daya manusia yang terdapat di wilayah tersebut jauh dengan pengetahuan pemanfaatan sumber daya alam. Di wilayah tertentu terdapat juga wilayah yang belum terjamah oleh manusia padahal, di tempat tersebut terdapat sumber saya alam yang bisa membangun perekonomian Indonesia. Untuk mengoptimalkan manfaat sumber daya alam yang berlimpah, diperlukan intervensi kebijakan dan penanganan khusus oleh Pemerintah untuk penegelolaan wilayah yang tertinggal.

Gotong royong sangat dibutuhkan untuk menormalisasikan kehidupan ekonomi dan memperkuat dasar bagi kehidupan perekonomian rakyat melalui upaya pembangunan yang berdasarkan atas sumber daya setempat, baik sumber daya yang berada di laut maupun ynag berada di darat. Pembangunan ekonomi dapat di pahami sebagai upaya untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik lagi, dan terdapat tiga faktor-faktor produksi yang menandai pembangunan itu sendiri diantaranya adalah kesempatan kerja, investasi, dan teknologi yang dipergunakan dalam proses produksi. Wujud membaiknya ekonomi suatu wilayah juga dapat dilihat dari membaiknya tingkat konsumsi masyarakat, investasi swasta, investasi publik, ekspor dan impor yang di hasilkan oleh suatu negara.

Intinya adalah, untuk membangun perekonomian suatu negara khususnya di Indonesia adalah dengan kerjasama antar pemerintah pusat maupun kota dan juga masyarakat untuk pemanfaatan sumber saya alam dengan sebaik-baiknya. Dan pemerintah juga harus berusaha untuk meningkatkan SDM-nya dan juga diperlukan kesadaran dari masing-masing warganya bahwa peningkatan SDM itu sangat di perlukan untuk perkembangan ekonomi negara dan juga untuk pengetahuan orang itu sendiri. Pemerintah juga harus membangun dan memperbaiki infrastruktur. Jadi sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya buatan/infrastruktur dan kegiatan usaha merupakan unsur pembentuk pembangunan ekonomi nasional yang lebih merata dan adil.

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: