Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

Pengangguran di Indonesia

Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatanmasyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.

Masalah pengangguran di Indonesia bukanlah merupakan hal baru bagi negara ini, tetapi masalah ini sudah terjadi sangat lama dan cara untuk mengurangi pengangguran di Indonesia belomlah bisa mengatasinya.

Berikut faktor-faktor penyebab terjadinya pengangguran:

  • besarnya angkatan kerja tidak seimbang dengan kesempatan kerja yang ada. Ketidakseimbangan ini terjadi apabila jumlah angkatan kerja lebih besar daripada kesempatan kerja yang tersedia
  • struktur lapangan kerja tidak seimbang
  • kebutuhan jumlah dan jenis tenaga terdidik dan penyediaan tenaga terdidik tidak seimbang. Apabila kesempatan kerja jumlahnya sama atau lebih daripada angkatan kerja, pengangguran belum tentu tidak terjadi. Alasannya, belum terjadi kesesuaian antara tingkat pendidik yang dibutuhkan dan yang tersedia. Ketidakseimbangan berikut mengakibatkan sebagian tenaga kerja yang ada tidak dapat mengisi kesempatan kerja yang tersedia.
  • dan terakhir, penyediaan dan pemanfaatan tenaga kerja antar daerah tidak seimbang. Ini mengakibatkan perpindahan tenaga kerja dari suatu daerah ke daerah lain, bahkan ada yang samapi dari satu negara ke negara lain.

Jumlah pengangguran di Indonesia lambat laun semakin meningkat. Pengangguran sendiri selalu identik dengan kemiskinan, karena tidak ada penghasilan yang penganggur itu terima. Semakin banyaknya jumlah pengangguran mengakibatkan semakin banyak juga pengemis dan pengamen, bukan hanya itu angka kriminalitaspun semakin besar. Itu disebabkan para pelaku kriminalitas tersebut menghalakan segala cara untuk bisa bertahan hidup, baik buat dirinya sendiri maupun keluarganya. Dengan ini pemerintah harus bekerja keras untuk megatasi masalah ini, bukan hanya pemerintah dari masyarakatnya sendiripun harus ikut berpartisipasi dalam penyelesaian masalah ini.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pengangguran

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: