Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

Mengapa Koperasi di Indonesia Sulit Berkembang

Sebenarnya, perkembangan koperasi di Indonesia sudah cukup baik, hanya saja itu diperlukan kerja yang sangat ekstra untuk emngembangkan koperasi. Tidak mudah untuk mengembangkan koperasi di Indonesia. Eksistensi koperasi sejak jaman dahulu sampai sekarang telah banyak berperan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Koperasi baik di Negara maju maupun berkembang bukan hanya menjadi unit ekonomi kecil lagi tapi sudah berkembang menjadi unit ekonomi besar. Begitupun Indonesia, koperasi menjadi salah satu unit ekonomi yang berperan penting dalam kemajuan ekonomi di Indoensia dari jaman penjajahan sampai sekarang. Hanya saja memang perkembangan koperasi di Indonesia tidak bisa dibandingkan dengan Negara-negara maju lainnya. Banyak kendala yang menghambat perkembangan koperasi di Indonesia.

Penghambat perkembangan koperasi di Indonesia, salah satu faktornya adalah banyaknya masyarakat yang tidak tau apa koperasi itu sebenarnya, manfaat koperasi, dan keuntungan menjadi anggota koperasi terutama di daerah-daerah pedalaman. Bukan hanya itu dari pemerintahnya sendiripun masih sangat kurang usaha untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat di daerah-daerah tersebut. Masalah permodalan, manajerial yang tidak efektif, kurangnya partisipasi anggota koperasi, dan terbatasnya sumber daya manusia yang berkualitaspun merupakan faktor mengapa terhambatnya perkembangan koperasi di Inonesia. Di kota-kota besarpun masih ada koperasi yang tidak berkembang, itu terjadi karena manajemen dalam koperasi yang buruk. Itu masih beberapa contoh faktor mengapa perekonomian di Indonesia tidak berkembang.

Dan dibawah ini merupakan contoh lain dari faktor-faktor terhambatnya perkembangan koperasi di Indonesia :

  1.      Imej koperasi sebagai ekonomi kelas dua masih tertanam dalam benak orang – orang Indonesia sehingga, menjadi sedikit penghambat dalam pengembangan koperasi menjadi unit ekonomi yang lebih besar ,maju dan punya daya saing dengan perusahaan – perusahaan besar.
  2.     Perkembangan koperasi di Indonesia yang dimulai dari atas bukan dari bawah ,artinya koperasi berkembang di indonesia bukan dari kesadaran masyarakat, tetapi muncul dari dukungan pemerintah yang disosialisasikan ke bawah. Berbeda dengan yang di luar negeri, koperasi terbentuk karena adanya kesadaran masyarakat untuk saling membantu memenuhi kebutuhan dan mensejahterakan yang merupakan tujuan koperasi itu sendiri, sehingga pemerintah tinggal menjadi pendukung dan pelindung saja. Di Indonesia, pemerintah bekerja double selain mendukung juga harus mensosialisasikanya dulu ke bawah sehingga rakyat menjadi mengerti akan manfaat dan tujuan dari koperasi.
  3.     Tingkat partisipasi anggota koperasi masih rendah, ini disebabkan sosialisasi yang belum optimal. Masyarakat yang menjadi anggota hanya sebatas tahu koperasi itu hanya untuk melayani konsumen seperti biasa, baik untuk barang konsumsi atau pinjaman. Artinya masyarakat belum tahu esensi dari koperasi itu sendiri, baik dari sistem permodalan maupun sistem kepemilikanya. Mereka belum tahu betul bahwa dalam koperasi konsumen juga berarti pemilik, dan mereka berhak berpartisipasi menyumbang saran demi kemajuan koperasi miliknya serta berhak mengawasi kinerja pengurus. Keadaan seperti ini tentu sangat rentan terhadap penyelewengan dana oleh pengurus, karena tanpa partisipasi anggota tidak ada kontrol dari anggota nya sendiri terhadap pengurus.
  4.     Manajemen koperasi yang belum profesional, ini banyak terjadi di koperasi koperasi yang anggota dan pengurusnya memiliki tingkat pendidikan yang rendah. contohnya banyak terjadi pada KUD yang nota bene di daerah terpencil. Banyak sekali KUD yang bangkrut karena manajemenya kurang profesional baik itu dalam sistem kelola usahanya, dari segi sumberdaya manusianya maupun finansialnya. Banyak terjadi KUD yang hanya menjadi tempat bagi pengurusnya yang korupsi akan dana bantuan dari pemerintah yang banyak mengucur. Karena hal itu, maka KUD banyak dinilai negatif dan disingkat Ketua Untung Duluan.
  5.     Pemerintah terlalu memanjakan koperasi, ini juga menjadi alasan kuat mengapa koperasi Indonesia tidak maju maju. Koperasi banyak dibantu pemerintah lewat dana dana segar tanpa ada pengawasan terhadap bantuan tersebut. Sifat bantuanya pun tidak wajib dikembalikan. Tentu saja ini menjadi bantuan yang tidak mendidik, koperasi menjadi ”manja” dan tidak mandiri hanya menunggu bantuan selanjutnya dari pemerintah. Selain merugikan pemerintah bantuan seperti ini pula akan menjadikan koperasi tidak bisa bersaing karena terus terusan menjadi benalu negara. Seharusnya pemerintah mengucurkan bantuan dengan sistem pengawasan nya yang baik, walaupun dananya bentuknya hibah yang tidak perlu dikembalikan. Dengan demikian akan membantu koperasi menjadi lebih profesional, mandiri dan mampu bersaing.

 

Masalah diatas adalah sebagai pacuan buat para generasi muda penerus bangsa agar berperan aktif dalam perkembangan perkoperasian di Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengikut sertakan diri dalam koperasi, mempelajari dan memahami apa itu koperasi sebenarnya, dan juga membantu pemerintah dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang belum mengetahui apa manfaat dari koperasi dan apa arti koperasi itu sendiri. Biasanya yang belum mengetahui hal tersebut adalah masyarakat yang ada di daerah-daerah pedalaman. Dan untuk masyarakat di kotapun, jangan hanya menjadi anggota koperasi saja tapi memahami dan mengerti apa itu koperasi. Dan dari pemerintahnya sendiripun, harus memfasilitasi atau membangun koperasi di tempat-tempat yang belum terdapat koperasinya, agar masyarakat disana bisa memnafaatkan manfaat dari koperasi. Dan pemerintahpun juga harus gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat betapa pentingnya koperasi sebagai salah satu faktor penyebab kemajuan kegiatan ekonomi Indonesia.

 

Sumber :

http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/32898

http://www.formasi-indonesia.or.id/forum.php?halaman=detail&id=10

http://www.rripalu.com/?q=content/koperasi-sulit-berkembang-apa-hambatannya

Filed under: tugas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: