Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

PROMOSI

Promosi adalah proses kegiatan pemindahan karyawan dari satu jabatn ke jabatan lain yang lebih tinggi. Berdasarkan definisi tersebut maka suatu promosi akan selalu diikuti oleh tugas, tanggung jawab dan wewenang yang lebih tinggi dari jabatan yang diduduki sebelumnya. Pelaksanaan promosi tidak selalu diikuti oleh kenaikan gaji bagi karyawan yang dipromosikan, gajinya bisa tetap, tetapi pada umumnya bertambah besar kekuasaan dan tanggung jawab seseorang bertambah besar pula balas jasa yang diterimanya.

Promosi mempunyai arti yang penting bagi perusahaan karena dengan adanya promosi akan dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Jika promosi direalisasikan kepada karyawan yang berprestasi tinggi maka akan menimbulkan rangsangan bagi para pegawai untuk meningkatkan semangat kerja. Tindakan promosi penting sekali untuk menjaga kestabilan pegawai perusahaan. Apabila tindakan promosi didasarkan pada waktu yang tepat dan dilaksanakan secara obyektif maka stabilitas kepegawaian dapat terjaga. Keunutungan dari adanya stabilitas pegawai adalah perusahaan dapat mengurangi intensitas penarikan karyawan baru yang membutuhkan waktu dan biaya. Promosi perlu juga dilakukan untuk memajukan pegawai terutama bagi pegawai yang berprestasi. Seorang karyawan dapat dikembangkan dengan cara diberi kekuasaan yang lebih besar atau dengan kata lain dipromosikan.

Sebelum promosi seorang karyawan dalam suatu perusahaan dilaksanakan maka perlu ditetapkan syarat-syaratnya. Syarat-syarat tersebut dapai dipakai sebagai pedoman untuk menentukan personal yang berhak untuk dipromosikan. Beberapa syarat promosi tentu tidak sama untuk jabatan yang berlainan, jabatan yang sama tapi lain departemen dan jabatan yang sama dalam departem,en yang sama tetapi lain perusahaan. Adapun syarat-syarat yang perlu di tetapkan dalam melaksanakan promosi yaitu:

  1. Pengalaman Banyaknya penagalaman seorang karyawan seringakalai dipakai sebagai salah satu syarat untuk promosi, sebab dengan penagalamn yang lebih banyak diharapkan kemampuan yang lebih tinggi, ide yang lebih banyak dan sebagainya.
  2. Tingkat pendidikan Biasanya perusahaan mensyaratkan minimal pendidiakn untuk dapat dipromosikan pada jabatan tertentu. Hal tersebut dikarenakan pendidikan yang lebih tinggi, dapat diharapkan pemikiran yang lebih baik.
  3. Loyalitas Loyalitas terhadap perusahaan merupakan syarat penting yang sering diapakai untuk promosi. Hal tersebut dikarenakan bahwa loyalitas yang tinggi dapat diharapkan adanya tanggung jawab yang lebih besar.
  4. Kejujuran Untuk promosi jabatan tertentu mungkin masalah kejujuran merupakan syarat yang penting, misalkan untuk menjabat sebagai kasir.
  5. Tanggung jawab Untuk suatu jabatan diperlukan tanggunga jawab yang sangat besar, faktor tanggung jawab pegawai yang akan dipromosikan perlu diketahui.
  6. Kepandaian Bergaul Untuk suatu jabatan tertentu diperlukan kepandaian bergaul, ehingga persyaratan kepandaian bergaul dengan setiap orang perlu dicatumkan utnuk promosi jabatan tersebut. Misalnya untuk menjabat sebagai salesman atau menjadi seorang marketing maka persyaratan tersebut sangat penting.
  7. Prestesi Kerja Syarat ini merupakan yang paling umum digunakan oleh perusahaan. Penilaian prestasi kerja dapat dilakukan dengan melihat catatan kerja karyawan tersebut di masa lalu.
  8. Inisiatif dan Kreatif Untuk syarat promosi terhadap jabatan tertentu mungkin syarat tingkat inisiatif dan kreatif merupakan syarat yang harus diperhitungkan. Misalnya dalam perusahaan mobil, maka karyawan bagian perancang (designer) perlu memiliki syarat ini.

Selain persyaratan umum diatas biasanya perusahaan menetapkan syarat khusus karena alas an tertentu. Meskipun demikian dalam menetapkan suatu syarat promosi untuk suatu jabatan tertentu tidak harus semua syarat umum diatas dicantumkan. Pada umumnya sebagian yang dicantumkan dengan ditambah beberapa persyaratan khusus jika diperlukan.

  • JALUR PROMOSI ; Dengan jalur promosi dimaksudakan suatu chart yang menunjukkan jalur atau jalan kenaikan suatu jabatan dalam suatu organisasi. Chart tersebut memperlihatkan bagaimana suatu jabatan menuju ke jabatan lain yang lebih tingg
  • BERBAGAI DASAR PROMOSI ; Suatu promosi bagi seseorang dalam suatu organisasi harusnlah mendasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang seobyektif mungkin. Karena obyektivitas suatu promosi seseorang akan dapat membawa suatu dampak yang positif bagi tumbuhnya motivasi ataupun semangat kerja bagi anggota-anggota lainnya dalam organiosasi yang bersangkutan.
  1. Kecakapan kerja (Sistem Merit) Dengan dasar pertimbangan ini, maka pegawai yang memiliki kecakapan kerja yang dapat terus mengembangkan karirnya, sementara mereka yang berprestasi dibawah standar akan bersisihkan. Jadi system ini hanya berdasarkan kecakapan kerja seseorang yang menyebabkan faktor-faktor lain seperti senioritas, kekeluargaan sehingga hasilnya pun akan lebih objektif.
  2. Sistem Senioritas Senioritas diartikan sebagai lamanya masa kerja seseorang yang diakui prestasi baik pada jabatan yang bersangkutan maupun dalam instansi keseluruhan. Sistem ini pada dasarnya merupakan salah satu bentuk penghargaan instansi kepada pegawai atas kesetiaan yang didekasikan kepada instansi.
  3. Nepotisme (Sistem Spoil) Yang dijadikan landasan untuk melakukan promosi adalah hubungan keluarga kenalan atau koneksi, biasanya dalam instansi memiliki keluarga sehingga fungsional dipegang oleh mereka yang mempunyai hubungan keluarga.

 

 

Sumber:

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_manajemen_sumber_daya_manusia/bab_7_promosi_dan_pemindahan.pdf

http://ridwaniskandar.files.wordpress.com/2009/05/45-promosi-jabatan.pdf

http://www.docstoc.com/docs/68121698/Promosi-Jabatan

 

 

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: