Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

Mewujudkan resolusi sehat di tahun baru memang menjadi tantangan berat bagi sebagian besar orang. Satu-satunya cara agar bisa tercapai, adalah membuat resolusi yang realistis. Jika Anda penggemar berat donat atau croissant, jangan bersumpah untuk tidak memakannya segigit pun. Jujurlah pada diri sendiri, sesuaikan gaya hidup sehat dengan kemampuan Anda. Tidak usah membuat resolusi untuk olahraga tujuh kali dalam seminggu jika kenyataannya Anda terlalu sibuk untuk pergi ke gym.

Daripada membuat resolusi yang terlalu muluk, lebih baik buat rencana yang lebih mudah dilakukan. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini lima resolusi sehat yang mudah Anda wujudkan di 2012 nanti.

1. Kurangi Stres
Stres kronis bisa menyebabkan hipertensi, melemahkan sistem imun tubuh bahkan mempersingkat harapan hidup. Sebisa mungkin, jauhkan pikiran Anda dari stres. Caranya bisa dengan mengikuti kelas meditasi, atau terapi dengan aroma. Meditasi yang intens akan memberi Anda pasokan energi yang cukup untuk bisa mengatasi tantangan hidup yang berat setiap harinya.

Jika Anda terbiasa mengerjakan segudang tugas di kantor hingga sering libur, mintalah tim kerja untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan, sehingga semua tugas kantor tidak hanya membebani Anda. Sesekali, ajukanlah cuti panjang dan lakukan perjalanan ke luar kota atau negeri. Sebisa mungkin jangan mengerjakan tugas-tugas yang di luar kemampuan Anda.

2. Makan Kacang
Lupakan keripik kentang, stik keju atau cookie sebagai camilan di tahun depan. Pilihlah yang lebih sehat namun tak kalah gurih dan enak seperti kacang-kacang; almond, walnut, kacang tanah, hazelnut atau mede. Kacang telah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol. Studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Circulation’ menemukan bahwa orang yang makan dua genggam kacang almond per hari, kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah hingga 9,4 persen. Kacang walnut bahkan bisa menurunkannya sekitar 10 persen. Mungkin Anda berpikir ngemil kacang lebih mahal daripada keripik kentang atau biskuit, tapi rasakanlah hasilnya untuk kesehatan Anda. Lebih baik (dan murah) mencegah daripada mengobati bukan?

3. Perbanyak Jalan Kaki
Jadikan berjalan kaki sebagai kebiasaan Anda. Mulailah berjalan kaki dari jarak yang terdekat seperti dari rumah ke supermarket atau parkir mobil di tempat yang jauh sehingga Anda bisa berjalan sebentar sebelum akhirnya sampai ke tempat tujuan. Jalan kaki selama 30 menit bisa meningkatkan kesehatan jantung, tulang, menghindarkan Anda dari stres harian dan tentunya membakar lebih banyak kalori.

Bahkan menurut studi yang dilakukan Duke University, Carolina Utara, jalan kaki bisa menurunkan hipertensi dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Perbanyaklah berjalan dalam keseharian Anda, dan Anda akan melihat perbedaan yang lebih baik.

4. Push-up Setiap Hari
Push-up merupakan olahraga yang mudah, murah dan efektif untuk menyehatkan badan. Push-up adalah salah satu latihan kekuatan terbaik yang pernah diciptakan. Dengan satu gerakan berulang, Anda bisa melatih beberapa otot tubuh sekaligus seperti dada, bahu, lengan, perut dan kaki. Sebelum push-up, jaga tubuh Anda tetap lurus seperti papan, lalu lakukan gerakan push-up. Cobalah melakukannya 10 hingga 20 kali setiap hari. Dengan menjalankan kebiasaan yang simpel ini, kekuatan tubuh dan stamina akan meningkat dalam waktu singkat.

5. Diet Serat Tinggi
Dr Bhuvaneshwari Shankar, ahli diet dari rumah sakit Apollo di India menyarankan untuk makan buah-buahan dan sayuran lebih banyak. Makanan ini bisa meningkatkan gerakan usus pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. “Serat dapat menyerap kolesterol buruk (LDL) yang berlebihan dalam darah dan membuangnya. Anda bisa juga makan bubur gandum karena mereka memiliki fungsi yang sama,” ujarnya menambahkan.

6. Tidur yang Cukup
Saat Anda terlelap tidur, tubuh akan memproduksi hormon yang menstimulasi produksi kolagen serta elastin. Membuat kulit tampak muda dan sehat, serta menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan tidur akan menyebabkan timbulnya kantung mata, lingkaran gelap bawah mata, kulit kusam dan tubuh lesu. Tidurlah minimal tujuh atau delapan jam sehari.

 

sumber: http://www.wolipop.com/read/2011/12/31/140202/1803820/1135/6-resolusi-untuk-tubuh-lebih-sehat-di-2012

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: