Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

Jambu Biji – Psidium guajava Linn

Jambu biji berasal dari Amerika Tropis. Dikenal dengan nama daerah, antara lain; jambu sus, jambu klutuk, sotong, dan goyawas. Banyak ditanam di halamn dan ladang-ladang sampai ketinggian kira-kira 1.200 m dpl sebagai tanaman buah-buahan.

Jambu biji merupakan pohon, tingginya dapat mencapai 5-6 m. Batangnya mempunyai cabang yang banyak, kulitnya berwarna cokelat dan licin. Daunnya berbentuk bulat telur, kasar, dan warnanya kusam. Bunganya tumbuh pada ketiak-ketiak daun, warnanya putih. Buah yang berbentuk agak lonjong dengan bagian depannya besar membulat, dalam buah berisi banyak biji yang rasanya manis serta harum. Ada juga yang bijinya sedikit. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Myrtaceae.

Perbanyak dapat dilakukan dengan menggunakan bijinya atau secara vegetatif degan menggunakan cangkok atau okulasi. Daunnya mengandung tanin, bermanfaat sebagai antidiare.

Sedangkan buahnya yang masak, selain sebagai sumber vitamin C juga merupakan obat pencahar. Buah biasanya dimakan dalam keadaan segar atau dapat dijadikan jamu. Air rebusan daunnya dapat digunakan untuk memberi warna hitam pada tekstil, sedangkan kayunya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan ala-alat rumah tangga.

Sumber: buku tumbuhan obat Idonesia SUPRIADI dkk (Ireng Darwati)

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: