Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

Kumis Kucing – Orthosiphon aristatus (BI.) Mig.

Kumis kucing dikenal juga dengan nama remujung, sasalaseyan, dan soengot kucing. Tumbuhan terna yang tumbuh tegak ini termasuk dalam famili labiataeae. pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya, tingginya sampai 2 m, batang bersegi empat agak beralur berambut pendek atau gundul. Helai daunnya berbentuk bundar telur lonjong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya, lancip atau tumpul. Pembungaan berupa tandan yang keluar dari ujung cabang. Mahkota bunga berwarna ungu pucat atau putih.

Kumis kucing tumbuh baik pada ketinggian tempat 100-1.200 m dpl. dengan curah hujan 3.000 mm per tahun. Selain indonesia, tumbuhan ini ditemukan juga di asia tengah, cina, kepulauan pasifik, dan australia.Kumis kucing biasannya diperbanyak dengan setek, walaupun sebenarnya tanaman ini menghasilkan biji dapat digunakan untuk benih. Daun kumis kucing telah dikenal sebagai obat penyakit ginjal, melancarkan pengeluaran urine, dan radang kandung kemih. Selain di indonesia daun kumis kucing telah digunakan oleh berbagai negara seperti belanda, jerman, perancis, jepang.

Daun kumis kucing mengandung bahan aktif zat sinestein. daunnya memilki kandungan sinestein yang cukup tinggi, bila ditanam di tempat terbuka secara monokultur. Dikenal 3 jenis kumis kucing : (1) berbunga ungu; (2) berbunga putih dengan batang, tulang daun, dab tangkai bunga yang berwarna coklat kemerahan; (3) bebrbunga putih.

Pemanfaatan tumbuhan kumis kucing untuk pengobatan umumnya dicampur dengan tumbuhan obat lainnya. Untuk pengobatan batu ginjal: daun kumis kucing dicampur denhan ngokilo, daun dan akar meniran, dan daun kijibeling.

 

Sumber : buku tumbuhan obat Indonesia SUPRIADI dkk (Rosita SMD dan Sudiarto)

 

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: