Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

Tumbuhan Kayu Putih – Melaleuca leucadendra L.

Minyak sebagai obat sakit perut, luka atau koreng, atau dimanfaatkan sebagai obat luar digigit serangga. Kayu putih merupakan tumbuhan yang diperkirakan asli dari Maluku dan Sulawesi. Kayu putih merupakan tumbuhan perdu yang mempunyai batang pohon kecil dengan banyak anak cabang yang menggantung kebawah. batangnya berkayu bulat, dan kulitnya mudah mengelupas.

Tumbuhan ini dikenal dengan banyak nama daerah: masyarakat Jawa dan Sunda mengenalnya dengan nama gelam, di Madura dikenal dengan nama ghelam, masyarakat Dayak mengenalnya dengan nama calam, masyarakat Bugis mengenalnya dengan nama waru galang, di Buru dikenal dengan nama elan, dan masyarakat pulau Roti menyebutnya ngelak.

Daun kayu putih berbentuk lancip dengan tulang daun yang sejajar. Bunganya berwarna putih, sedangkan kulit batang kayunya berlapis-lapis dengan permukaan terkelupas. Keistimewaan dari tumbuhan ini adalah mampu bertahan hidup di daerah kering, di tanah yang berair, atau di daerah yang banyak memperoleh guncangan angin atau sentuhan air laut. Kayu putih tumbuh subur di pulau Buru, Ambon, dan Seram.

Untuk memperoleh kayu putih, perlu dilakukan penyulingan terhadap daun mudanya. Dari daun kayu putih ini diperoleh senyawa kimia, anatar lain, sineol, melaleucin, minyak atsiri yang terdiri atas terpineol, cineole, dan legnin.

Dalam penggunannya, minyak kayu putih sering kali dicampur dengan bahan tumbuhan obatdengan bahan tumbuhan obat lainnya. Untukl koreng misalnya, minyak kayu putih dicampur dengan kunyit dan asam jawa, lalu ditumbuk halus dan ditempelkan pada bagian yang luka. Untuk menghilangkan keriput pada kulit perut bagi wanita sehabis melahirkan, minyak kayu putih dicampur dengan kapur sirih dan perasan jeruk nipis, diaduk rata dan dioleskan pada perut.

 

Sumber : buku Tumbuhan Obat Indonesia SUPRIADI dkk (Muchamad Yusron)

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: