Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

Pasar Valuta Asing

Pasar valuta asing merupakan pasar dimana transaksi valuta asing dilakukan antar Negara atau suatu Negara. Dalam setiap kali melakukan transaksi valuta asing maka digunakan kurs (nilai tukar). Dalam perdagangan pasar valuta asing Internasional hanya mata uang yang tergolong “Conuirtible Currencies” yang sering diperdagangkan.

TUJUAN MELAKUKAN PASAR VALUTA ASING

Ada beberapa tujuan dalam melakukan transaksi valas baik yang dilakukan oleh perusahaan/badan maupun individu adalah sebagai berikut:

  • Untuk transaksi pembayaran
  • Mempertahankan daya beli
  • Pengiriman ke luar negri
  • Mencari keuntungan
  • Pemagaran resiko
  • Kemudahan berbelanja

JENIS-JENIS TRANSAKSI VALUTA ASING

  • TRANSAKSI SPOT

Dalam transaksi ini biasanya penyerahan valas dilakukan 2 hari kerja berikutnya.

  • TRANSAKSI BARTER

Kombinasi antara pembeli dan penjual untuk dua mata uang secara tunai yang diikuti membeli dan menjual kembali mata uang yang sama secara tunai dan tunggak secara stimulant dengan batas waktu yang berbeda.

  • TRANSAKSI TUNGGAL

Transaksi yang penyerahannya dilakukan beberapa mendatang baik secara mingguan ataupun bulanan.

PELAKU UTAMA DALAM PASAR VALAS

1)      Individu

Individu-individu yang bermain di pasar valas tergolong oleh kebutuhan bisnis dan pribadinya. kebutuhan bisnis muncul apabila seseorang terlibat dalam bisnis Internasional, misal: importir individu.

2)      Institusi

Institusi yang dimaksud disini adalah institusi-institusi keuangan yang mempunyai investasi internasional, meliputi dana pension, perusahaan asuransi, mutual fund, dan bank investasi.

3)      Perbankan

Perbankan adalah pelaku pasar valas yang terbesar dan paling aktif. Perbankan beroperasi dalam pasar valas melalui para pedagangnya. Istilah teknis untuk menyebut para pedagan ini adalah exchange dealer atau exchange trader.

4)      Bank Sentral

Bank sentral memasuki pasar valas denagn tujuan utama bukan untuk memperoleh laba atau menghindari risiko dari operasi valas yang dilakukannya. Tujuan utamanya adalah mempengaruhi nilai mata uangnya dan nilai mata uang lain agar bergerak sesuai dengan nilai yang menurut bank sentral tersebut sesuai dengan kepentingan ekonomi Negara.

5)      Spekulan dan Arbitraser

Arbitraser adalah orang yang mengeksploitasi perbedaan kurs antar valas. Peran serta spekulan dan arbitraser dalam pasar valas semata-mata didorong oleh motif mengejar keuntungan. Mereka justru menuai laba dari fluktuasi drastic yang terjadi di pasar valas.

6)      Pialang Pasar Valas

Pialang pasar valas adalah perantara yang menghubungkan antara para pihak yang membutuhkan dan menawarkan valas di pasar valas. Untuk jasa perantara, pialang mengenakan biaya yang telah disepakati yang disebut brokerage. Salah satu modal dasar pialang adalah penguasaannya atas informasi pasar. Informasi sempurna karena dapat mempertemukan berbagai pelaku pasar valas inilah yang membuat pasar valas menjadi pasar yang efisien.

FUNGSI POKOK PASAR VALAS

  1. Mempermudah pertukaran valuta asing serta pemindahan dana dari satu Negara ke Negara lain. Proses penukaran atau pemindahan dapat dilakukan dengan system clearing seperti halnya yang dilakukan oleh bank bank serta pedagang.
  2. Karena sering terdapat interaksi internasional yang tidak perlu segera di selesaikan pembayaran atau penyerahan barang-barangnya, maka pasar valuta asing memberikan kemudahan untuk dilaksanakannya perjanjian atau kontrak jual beli dengan kredit.
  3. Memungkinkan dilakukannya hedging. Seorang pedagang melakukan hedging apabila dia pada saat yang sama melakukan transaksi jual beli valuta asing yang berbeda, untuk menghilangkan/mangurangi risiko kerugian akibat perubahan kurs.

INTERAKSI ANTARA PASAR VALUTA ASING DAN PASAR UANG

Pemilihan dana dalam pasar uang selalu berkaitan dengan pasar valuta asing. Artinya jika kita hendak menginvestasikan uang kita dalam pasar uang maka, kita akan selalu mempertimbangkan kegiatan yang terjadi di pasar valas, demikian pula sebaliknya. Hal ini dilakukan untuk menentukan investasi mana yang paling menguntungkan di pasar uang atau valas. Interaksi antara pasar uang dan valas ini menjadi lebih pentting apabila jumlah dana yang ada dalam jumlah besar atau kondisi ekonomi pada saat yang kurang baik.

 

SUMBER:

http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_valuta_asing

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/pasar-valuta-asing-valas.html

http://dewiayupitaloka.wordpress.com/2011/03/04/pasar-uang-dan-pasar-valuta-asing/

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: