Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

Reksadana

Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

Menurut undang-undang Pasar Modal nomor 8 tahun 1995, ayat 27: Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya di investasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi (MI).

Dari kedua definisi tersebut, terdapat tiga unsur penting dalam pengertian reksa dana:

  1. Adanya kumpulan dan masyarakat, baik individu maupun institusi
  2. Investasi bersama dalam bentuk suatu portofolio efek yang telah terdiversifikasi
  3. Manajer Investasi dipercayai sebagai pengelola dana milik masyarakat investor

pada reksa dana, MI menegelola dana-dana yang di tempatkannya pada surat berharga dan mengaplikasikan keuntungan ataupun kerugian dan menerima deviden atau bunga yang di bukukannya ke dalam “Nilai Aktiva Bersih (NAB)” reksa dana tersebut. Kekayaan reksa dana yang dikelola oleh MI tersebut wajib untuk disimpan pada bank kustodian yang tidak terafilisasi dengan MI, dimana bank kustodian inilah yang akan bertindak sebagai tempat penitipan kolektif dan administrator.

Karakteristik Reksadana

Berdasarkan karakteristiknya reksa dana dapat di golongkan sebagai berikut:

  • Reksadana Terbuka :

Reksadana yang dapat dijual kembali kepada perusahaan MI yang mnerbitkannya tanpa melalui mekanisme perdagangan di Bursa Efek. Harga jualnya biasanya sama dengan Nilai Aktiva Bersihnya. Sebagian besar reksa dana yang ada saat ini adalah merupakan reksa dana terbuka.

  • Reksadana Tertutup:

Reksadana yang tidak dapat dijual kembali kepda perusahan MI yang menerbitkannya. unit penyertaan reksa dana tertutp hanya dapat dijual kembalu kepada investor lama melalui mekanisme perdagangan di Bursa Efek. Harga jualnya bisa diatas atau dibawah Nilai Aktiva Bersih.

Jenis-Jenis Reksadana

  1. Reksa dana Pasar Uang
  2. Reksa Dana Pendapatan tetap
  3. Reksa Dana Campuran
  4. Reksa Dana Saham
  5. Reksa Dana Terproteksi
Manfaat Reksadana
  1. Dikelola oleh manajemen profesional
  2. Diversifikasi investasi
  3. Transparasi informasi
  4. Likuiditas yang tinggi
  5. Biaya rendah
Risiko Reksadana
  1. Risiko menurunnya Nilai Aktiva Bersih (NAB) unit penyertaan, penurunan ini disebabkan oleh harga pasar dari instrumen investasi yang dimasukan dalam portofolio reksa dana tersebur mengalami penurunan dibandingkan dari harga pembelian awal.
  2. Risiko likuiditas, potensi risiko likuiditas ini bisa saja terjadi apabila pemenang unit penyertaan reksa dana pada salah satu MI tertentu ternyata melakukan penarikan dana dalam jumlah yang besar pada hari dan waktu yang sama.
  3. Risiko pasar, merupakan situasi ketika harga instrumen investasi mengalami penurunan yang disebabkan oleh menurunnya kinerja pasar saham atau pasar obligasi secara drastis.
  4. Risiko default, risiko ini terjadi apabila pihak MI tersebut memebeli obligasi milik emiten yang mengalami kesulitan keuangan padahal sebelumnya kinerja keuangan perusahaan tersebut masih baik-baik saja. Sehingga pihak emiten tersebut terpaksa tidak membyara kewajibannya. risiko ini hendaknya di hindari dengan cara memilih MI yang menerapkan strategi pembelian portofolio investasi secar kredit.
Ada tiga komponen pokok dalam reksadana:
  • Pemodal
Adalah masyarakat yang menempatkan dananya untuk di investasikan oleh Manajer Investasi (MI)
  • Manajer Investasi (MI)
Adalah institusi yang telah mendapat izin dari BAPEPAM yang bertanggung jawab atas kegiatan investasi, meliputi pemilihan jenis investasi, menganalisa risiko, memonitor kinerja dan melakukan tindakan yang di perlukan atas analisa yang telah dilakukan.
  • Bank Kustodian (BK)
Adalah bank yang bertugas menyimpan kekayaan reksa dana.
SUMBER:
id.wikipedia.org/wiki/Reksadana
www.bi.go.id/NR/rdonlyres/DFAB8F39…/MengenalReksaDana.pdf

 

 

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: