Sarahlistiarakhma's Blog

Icon

Just another WordPress.com site

Akuntansi Keuangan

Karakteristik penting dalam akuntansi adalah: pengidentifikasian, pengukuran, dan pengomunikasian informasi keuangan tentang entitas ekonomi kepada pihak yang berkepentingan. Akuntansi keuangan (financial accounting) adalah sebuah proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan menyangkut perusahaan, secara keseluruhan untuk digunakan baik oleh pihak-pihak internal maupun pihak eksternal. Laporan keuangan (financial reporting) yang sering disajikan adalah neraca, laporan laba-rugi, laporan atau arus kas, dan laporan ekuitas pemilik atau pemegang saham.

Tujuan pelaporan keuangan adalah untuk menyediakan:

  1. informasi yang berguna untuk keputusan investasi dan kredit,
  2. informasi yang berguna dalam menilai arus kas masa depan, dan
  3. informasi mengenai sumber daya perusahaan, kalim terhadap sumber daya tersebut dan perubahannya.

Pemakai laporan akuntansi keuangan memiliki kebutuhan yang beragam terhadap berbagai jenis informasi. Untuk memenuhi kebutuhan dan untuk memenuhi tanggung jawab pelaporan fidusiari (manajemen untuk mengelola aktiva dengan sepenuh hati dan jujur), disajikan laporan keuangan bertujuan-umum (geeral-purpose financial statement). Laporan ini diharapkan akan menyajikan secara wajar, jelas, dan lengkap operasi keuangan perusahaan. Setiap perusahaan akan membuat standar-standar mereka sendiri, dan pemakai laporan keuangan harus dapat memahami praktek-praktek akuntansi serta pelaporan unik dari setiap perusahaan. Seperangkat standar dan prosedur umum ini dinamakan dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum (generally accepted accounting principles—GAAP)

Empat organisasi yang berperan besar dalam pengembangan standar akuntansi keuangan (GAAP) adalah sebagai berikut:

  1. Securities at Exchange Commission (SEC), sebuah badan pemerintah federal yang memiliki kekuasaan luas untuk menentukan, dengan tingkat rincian yang diinginkan, standar akuntansi yang wajib dipakai oleh perusahaan yang berada di yurisdiksinya.
  2. American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) menerbitkan standar melalui Commitee on Accounting Principles Board.
  3. Financial Accounting Standards Board (FASB), membentuk dan memperbaiki standar-standar akuntansi serta pelaporan keungan untuk menuntun dan mendidik publik.
  4. Government Accounting Standards Board (GASB)

Sumber: buku Akuntansi Intermediate

Filed under: tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: